Rabu, 26 Mei 2010

Memoar Indonesia (1)

Halo, nama saya Indonesia
Saya berbicara dalam bahasa yang sama seperti nama saya
Bahasa Indonesia

Saat ini umur saya 65 tahun
Sebenarnya saya jauh lebih tua dari itu
tapi anggap saja saya sudah 65 tahun
karena jauh sebelum saya punya nama
saya dikenal dengan berbagai nama
Maleische Archipel
Nederlandsch Oost Indiƫ
Insulinde
Nusantara
ah, sudahlah, tak usah kau ingat nama lain
cukup panggil aku Indonesia.

Aku lahir tanggal 17 Agustus 1945
Ketika pemimpin pertamaku membacakan teks proklamasi
menaikkan bendera Merah-Putih
menyanyikan lagu Indonesia Raya
Saat itu aku berpikir ini akan menjadi sebuah awal kehidupan yang baru
Mungkin akan menjadi lebih baik setelah orang asing berkuasa atas diriku
ini saatnya bagi bangsaku untuk berkuasa atas negrinya sendiri

Aku tahu, ini pasti menjadi awal yang berat
oleh karena itu aku harus bersabar
sebelum seluruh dunia mengakui eksistensiku
aku harus menunundukkan pengacau-pengacau itu
mengikuti berbagai pertemuan untuk memperjuangkan hak-hak ku
mengacungkan senjata jika diperlukan
Aku tidak akan menyia-nyiakan setiap tetes keringat dan darah yang keluar
Aku akan memperoleh eksistensiku sepenuhnya
yang lebih menyakitkan lagi
aku harus bersikap keras terhadap bangsaku sendiri
akibat pemberontakkan yang ia lakukan

aku begitu sedih
perasaanku begitu galau
aku merasa seolah-olah aku membunuh anakku sendiri
tapi aku harus melakukannya untuk bangsaku
untuk eksistensiku
untuk aku dan semua yang mencintaiku

Setelah aku mendapatkan pengakuan
maka inilah saatnya bagiku untuk mengisi hari-hariku sebagai negara, bangsa yang baru
tetapi sang pemimpin telah lupa
lupa pada dasar negara yang ia buat sendiri
lupa pada dasar pemerintahan yang ia rancang sendiri
lupa kalau ia bertanggung jawab pada bangsa ini
lupa kalau aku berkuasa atasnya
bukan ia yang berkuasa atas aku
apalagi berkuasa atas negara-negara lainnya

Mulanya aku memaklumi ke "lupa" annya
namun semakin lama ia semakin lupa
hingga pada satu titik aku pun berpikir
ia tidak akan ingat kembali
semua sudah berakhir
negri ini harus diubah
dan saat itu usiaku baru menginjak 15 tahun...

-->bersambung

Vermillion

Tidak ada komentar: