Sabtu, 04 Oktober 2008

Seberapa Jahatnyakah Seorang Manusia?

Pemikiran seperti ini kadang masih sering muncul dalam benak. Apalagi saat gw mengingat kembali seseorang yang pernah menjadi begitu spesial buat gw. Memang itu merupakan bagian dari masa lalu gw yang gak bisa gw lupain begitu saja. Tapi kadang hal ini membuat gw menilik kembali, apakah manusia dilahirkan untuk menjadi jahat atau tidak?

Menilik kembali? Seolah-olah kok gw udah mau mati sih???

Terlalu banyak merenung di waktu kosong kadang berdampak buruk yah… Seperti yang gw lakukan sebelum menulis ini. Jadinya malah punya pikiran yang jelek buat diri sendiri. Gw jarang loh berpikir buruk tentang orang lain. Tapi kalo soal diri sendiri, gw punya segudang pikiran buruk. Padahal apa yang dipikirkan orang tersebut akan membentuk kepribadiannya sendiri.

Okay, kembali ke point yang pertama. Jadi gw sedang berpikir bahwa gw itu orang yang jahat. Karena gw udah menyia-nyiakan perasaan seseorang yang begitu sayang sama gw, tapi gw gak bisa ngebales perasaan dia saat ini.

Jadi begini ceritanya, dulu saat gw masih kelas 1 SMP gw pernah ditembak seseorang sebut aja dia M. Nah, itu merupakan kali pertamanya gw pacaran (dan yang terakhir, karena sampe sekarang gw belum pacaran lagi). Dan hubungan indah itu berjalan untuk 3 bulan dan berakhir saat M minta putus karena dia bilang dia suka sama orang lain, dan dia bermaksud untuk tidak menduakan gw. Alasan yang bisa diterima tapi pada saat itu membuat gw sakit hati yang teramat sangat. Gw tahu dia bermaksud baik. Daripada dia nyakitin gw lebih lagi, emang yang terbaik adalah mutusin gw dan pacaran sama orang lain.

Tidak berapa lama setelah gw putus sama dia. Gw mendapat info dari temen-temen yang deket sama dia, kalo dia udah pacaran lagi sama adik kelas gw. Gw bisa terima, gw nyante-nyante aja. Karena gw berpikir itu adalah urusan pribadi dia dan gw gak perlu ikut campur karena gw hanyalah mantannya dia aja.

Seiring waktu berjalan, ternyata setelah itu dia putus dari adek kelas gw itu dan pacaran dengan beberapa orang lain. Dan hasilnya tetap sama putus-putus juga. Waktu gw kelas 3 pas hari ulang tahun gw yang ke-15 dia tiba-tiba ngasih hadiah ke gw. Padahal sebelumnya dia gak pernah ngasih apa-apa ke gw. Dan diiringi dengan sebuah kartu ucapan yang berisi permintaan maaf akan apa yang terjadi dulu.

Dan pada saat liburan dia sempat mengirimkan sebuah SMS yang berisi ajakan untuk kembali pacaran lagi dengannya. Saat itu gw menolak dengan alasan gw cukup nyaman dengan hubungan yang seperti sekarang. Bukan bermaksud untuk nyakitin dia tapi gw gak mau mengulang kesalahan yang sama seperti dulu.

Cukup lama berselang sampai kita kadang berhubungan kembali melalui SMS. Memang kadang semua serba canggung. Dan gw tahu dia masih berharap dengan sangat untuk pacaran lagi sama gw. Gw tahu dia masih sayang sama gw. Memang sewaktu SMA dia pernah mengulang kebodohan dia, yaitu pacaran lagi dengan orang lain dan berharap dengan cara seperti itu dia bisa ngelupain gw. Dan pada kenyataannya dia putus lagi untuk kesekian kalinya. Dan belakangan dia semakin gencar ngajak gw pergi bareng sama dia.

Awalnya gw juga agak enggan, tapi karena makin lama gw makin gak enak hati akhirnya gw sempet jalan juga sama dia ke Gading. Nah, semenjak itu dia makin gencar lagi dan makin sering SMS. Dan dia pun sempet nembak gw lagi waktu di Gading. Tapi gw tolak dengan alasan gw belum bisa menetapkan apakah gw suka sama dia atau gak. Dan dengan sabar dia tetep menunggu sampe gw bisa memutuskan hal itu.

Semua itu sempat menjadi beban buat gw. Karena gw gak mau ngecewain dia, gw gak mau nyakitin perasaan dia, gw gak mau hidup dia ancur cuma gara-gara gw. Gara-gara gw gak bisa ngebales perasaan dia. Mungkin pernyataan gw tadi terlalu sentimental, tapi emang begitulah yang ada di kepala gw.

Akhirnya berkat dukungan dari orang lain yang mau dengerin keluh kesah gw (thank buat seseorang berinisial E dari sekolah homogen yang berbeda dengan gw yang mau dengerin keluh-kesah gw yang kadang ngalor-ngidul). Gw berani jujur ke dia kalo pada saat ini gw gak bisa nerima perasaan dia karena gw bukannya gak menyukai dia tapi gw menganggap dia hanya sebatas teman (terlihat betapa jahatnya gw ke dia). Dan gw bersyukur dia mau ngetiin gw. Tapi di sisi lain dia tetap memeberikan perhatian yang lebih, lebih dari sekadar seorang teman.

Dia mau mengorbankan waktunya buat keluh kesah gw tentang sekolah gw yang isinya itu-itu lagi. Yah u know lah… Dan dia juga rela mengorbankan material (uang) untuk gw, atau untuk sekadar menghubungi gw dan meyakinkan dirinya sendiri bahwa gw baik-baik aja. Dan itu membuat gw menyadari betapa jahatnya gw karena gak bisa memberikan lebih dari yang dia berikan ke gw. Yah emang secara material dia lebih berkecukupan. Tapi tetep aja gw merasa gw itu luar biasa jahatnya sama dia.

Dengan cara-caranya yang seperti itu gw kadang risih, dan seringkali gw menegaskan kembali perasaan gw yang sebenarnya. Tapi dia dengan keras kepala kembali berkata, “Gw ngeti, tapi kan itu cuma untuk saat ini. Kalo nanti lu jadi suka sama gw kan lain soalnya. Yah, gw akan terus nunggu lu sampai saat itu.”

Lihat!!! Bukan main perjuangan dia. Bahkan meski gw udah pesimis dengan perasaan gw sendiri. Dia masih optimis bahwa dia masih punya kesempatan di masa depan.

Gw menyadari betapa jahatnya gw sama dia. Karena dia masih begitu percaya kalo perasaan gw bisa berubah. Padahal gw sendiri gak tau apakah perasaan gw bisa berubah atau gak. Gw udah pesimis dengan diri gw sendiri…

… Hate to love….
… But love to hate her….
(petikan lirik dari lagu maroon5)

You tried your best for me
But I cannot give anything
Nor my love


Gw berpikir, bahwa saat ini gw gak punya orang yang gw sukai. Tapi mungkin pada kenyataannya (gw sendiri gak bisa pastiin perasaan gw) hati gw udah dibawa pergi oleh seseorang yang saat ini ada di Australia dan gak pernah lagi bisa gw hubungi sampe sekarang. Gw gak tau apakah dia akan pernah pulang ke Jakarta lagi atau gak. Dan secara gamblang pun gw gak tau perasaan gw ke dia yang sebenernya kayak gimana.

Mungkin ini posting gw yang paling sentimental….

Rein

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Okay,skrg gw br ngerti awal permasalahannya...